06
Mon, Apr

Sudah Lima Hari Terakhir Tidak Ada Laporan Kasus Baru Covid-19 Di Wuhan

Orang-orang berjalan melewati Stasiun Kereta Api Hankou yang ditutup di Wuhan, Provinsi Hubei, China,(Chinatopix via AP)

Aktual
Typography

TIBYAN.ID - Sudah lima hari terakhir ini, tidak ada laporan kasus baru virus Corona atau COVID-19 di kota Wuhan, China, yang menjadi lokasi awal terdeteksinya virus ini. Di sisi lain, jumlah kasus impor atau datang dari luar negeri terus bertambah di wilayah China daratan.

Seperti dilansir AFP dan kantor berita Xinhua News Agency, Senin (23/3/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan nol kasus baru atau tidak ada kasus baru virus Corona sepanjang Minggu (22/3) waktu setempat, di kota Wuhan, Provinsi Hubei, yang sebelumnya menjadi pusat wabah ini di wilayah China.

Ini berarti, sebut Xinhua News Agency, sudah lima hari berturut-turut tidak ada kasus baru virus Corona di kota Wuhan sejak kasus pertama muncul pada akhir tahun lalu.

Komisi Kesehatan Provinsi Hubei, yang menjadi lokasi kota Wuhan, juga melaporkan tidak ada kasus baru di wilayahnya sepanjang Minggu (22/3) waktu setempat, atau yang berarti sudah lima hari terakhir. Provinsi Hubei juga melaporkan tidak ada kasus baru untuk 'suspect' virus Corona di wilayahnya.

Penurunan laju penularan virus Corona secara domestik di China daratan memicu diperingannya pembatasan perjalanan dan larangan kerja di kantor yang sebelumnya diberlakukan terhadap 56 juta orang di kota Wuhan dan wilayah lainnya di Provinsi Hubei.

Dalam laporannya, NHC mengumumkan 39 kasus baru virus Corona dalam sehari, yang semuanya merupakan kasus impor atau kasus yang muncul dari orang-orang yang datang dari luar negeri.

Sebanyak 39 kasus impor itu terdiri atas 10 kasus di Beijing, 10 kasus di Shanghai, enam kasus di Fujian, enam kasus di Guangdong, masing-masing dua kasus di Shandong dan Gansu, serta masing-masing satu kasus di Zhejiang, Henan dan Chongqing. Tidak disebut lebih lanjut asal negara dari kasus-kasus impor itu.

Sejauh ini, menurut NHC, total sudah 353 kasus impor di wilayah China daratan. Secara nasional, jumlah kasus virus Corona di China kini mencapai 81.093 kasus.

Jumlah korban meninggal akibat virus Corona di China daratan bertambah menjadi 3.153 orang. NHC melaporkan 9 kematian baru dalam sehari, yang semuanya ada di kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Dalam laporannya, NHC juga menyebut 447 pasien dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit sepanjang Minggu (22/3) waktu setempat. Secara keseluruhan, sudah 72.703 pasien virus Corona yang dinyatakan sembuh di China daratan.

Sekitar 4.593 pasien lainnya, sebut NHC, masih dirawat di rumah sakit. Dengan sekitar 1.343 pasien di antaranya dalam kondisi parah dan 371 pasien lainnya dalam kondisi kritis.

 

Sumber: Detik