07
Sat, Dec

Merasa Tidak Kenyang - Kenyang Saat Makan

Foto : Ilustrasi(AFP PHOTO / JEAN-SEBASTIEN EVRARD)

Health
Typography

TIBYAN.ID - KITA mungkin pernah merasakan ketika makan tapi tidak merasa kenyang, akhirnya kita menambah porsi makanan kita. Kalau kata orang padang “Tambo ciek”.  

Makan tetapi tidak merasakan kenyang bisa jadi karena kita kurang minum, demikian jelas pakar kesehatan. Jadi seharusnya yang ditambah minumnya bukan makannya.

Makan banyak tapi tidak kenyang, bisa jadi karena apa yang kita makan tidak berkah.

Makan bersama keluarga atau teman bisa mendatangkan keberkahan, karena “albarakatu fil jama’ah” keberkahan itu dalam kebersamaan.

Wahsyi bin Harb ra berkata bahwa sahabat-sahabat Rasulullah SAW berkata, “Ya Rasulullah, sesungguhnya kita makan, tetapi tidak merasa kenyang. Kemudian beliau bersabda,
“Apakah kalian makan sendiri? Mereka menjawab, “Ya” . Beliau bersabda lagi, “Berkumpullah ketika makan dan sebutlah nama Allah, pasti Allah memberkahi makanan tersebut untuk kalian.” (HR Abu Daud).

Makan bersama mendatangkan keberkahan dan kekenyangan, karena kalau kita makan bersama kemudian nambah terus, pastinya kita merasa malu.

Memang sendiri itu mendekatkan kita dengan setan. Sebagaimana sabda Nabi SAW, “Hendaklah engkau bersama-sama, karena syaithan itu bersama orang yang sendiri dan ia lebih jauh kepada orang yang berdua.”

Tidak usah khawatir porsi makanan kita menjadi berkurang karena kita makan bersama atau menjadi tidak kenyang.

Dari Jabir RA, “Aku mendengar Nabi SAW bersabda, ” طعام الواحد يكفى الأثنين وطعام الإثنين يكفى الأربعة وطعام الأربعة يكفى الثمانية ”

“Makanan satu orang cukup untuk dua orang, dan makanan dua orang cukup untuk 4 orang, dan makanan 4 orang cukup untuk delapan orang.” (HR Muslim).

 

(Sumber : Islampos)