15
Fri, Nov

Selalu Merasa Ngantuk? Hati-hati, Bisa Jadi karena 5 Hal Ini

Foto : Merdeka.com

Health
Typography

TIBYAN.ID, Bekasi - Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda begitu mengantuk sepanjang waktu, jangan serta merta menganggapnya karena gaya hidup yang sibuk. Hal inilah yang harus Anda perhatikan.

Merasa ngantuk terus-terusan memang merisihkan, apalagi di zaman yang serba harus produktif. Pekerjaan yang seharusnya bisa segera diselesaikan malah molor atau tertunda. Lantas, mengapa ya rasa kantuk itu kok datang terus meski sudah cukup tidur?

Nah, mengutip dari Times of India, setidaknya ada beberapa penyebab kenapa Anda seperti itu. Apa saja? Cek penjelasan selengkapnya di bawah ini :

Tidak minum cukup air

Tidak memenuhi asupan cairan atau dehidrasi bisa membuat Anda rewel, mudah tersinggung dan lelah. Solusi sederhananya adalah minum cukup air. Tidak minum cukup air dapat berdampak serius pada suasana hati dan tingkat energi Anda.

Beberapa peneliti juga melaporkan bahwa mengalami dehidrasi juga dapat menyebabkan menyusutnya beberapa bagian otak Anda.

Jam tidur yang acak

Ini seharusnya tidak terlalu mengejutkan. Tapi, pernahkah Anda memperhatikan bahwa usai akhir pekan Anda malah merasa lebih lelah? Itu karena praktik tidur Anda yang tidak teratur selama akhir pekan, sehingga membuat Anda merasa rewel dan melelahkan.

Dikatakan bahwa umumnya dibutuhkan sekitar 21 hari bagi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru. Mulailah tidur lebih awal, pada waktu yang ditentukan selama minimal 21 hari berturut-turut dan lihat bagaimana tubuh Anda beradaptasi dengan hal yang sama.

Anemia

Anemia merupakan kondisi kurangnya sel darah merah, sel-sel yang sama yang membawa oksigen dari paru-paru Anda ke bagian tubuh Anda yang lain. Kekurangan sel darah merah ini bisa menyebabkan anemia yang membuat Anda merasa kuyu, lemah dan sesak napas.

Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi atau vitamin.

Depresi

Rasa kantuk yang terus-terusan datang ternyata berkaitan erat dengan gangguan kesehatan mental ini. Jika Anda mengalami depresi, energi tentu berkurang.

Nah, salah satu perubahan yang bisa Anda lakukan adalah wajib mengurangi makanan yang diproses. Ikuti diet yang membantu tubuh Anda menghasilkan hormon yang menyenangkan.

Gadget

Beberapa ahli berkali-kali telah menegaskan bahwa banyak dampak buruk dari gadget, termasuk rasa kantuk. Maka itu, betapa pentingnya membuat kamar tidur Anda menjadi zona bebas ponsel.

Ketika mata Anda terpapar cahaya di saat jam-jam malam, itu bisa menghentikan tubuh Anda memproduksi melatonin, hormon yang merangsang tidur.

(Sumber : Detik.com)