13
Sun, Oct

Puan Tak Ingin DPR Hanya Menjadi Stempel Pemerintah

(KOMPAS.com/Haryantipuspasari)

Hot Issue
Typography
TIBYAN.ID, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani menegaskan DPR akan melaksanakan tugasnya sesuai tupoksinya, yakni sebagai lembaga pengontrol kebijakan pemerintah dalam hal ini Presiden. Meskipun partai pengusung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf menguasai DPR.
 
Puan juga menjamin DPR akan tetap menjalankan kritiknya terhadap kebijakan pemerintah.
"Sinergi itu menurut saya antara eksekutif dan legislatif itu harus dilakukan untuk sebanyak-banyaknya, untuk kepentingan bangsa dan negara. Namun bukan berarti kita itu kayak tukang stempel juga," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10)
Dengan fungsi pengawasan yang melekat di tugas, Puan tak ingin DPR hanya setuju-setuju saja dengan kebijakan pemerintah. Apalagi tanpa melakukan cross check terlebih dahulu.
"Kita kan tugasnya pengawasan apa yang dilakukan pemerintah sehingga pemerintah tidak melenceng dari arah yang akan dilakukan kita sebagai anak bangsa ini," tandas mantan Menko PMK ini.
Kritik bagi pemerintah dari DPR, menurut Puan, diperlukan dalam proses demokrasi. Namun, dia juga berharap, DPR tak hanya berteriak mengkritik namun juga memberikan solusi, sehingga lebih bermanfaat bagi masyarakat.
"Jadi, kita teriak-teriakan pun harus memberikan solusi kepada pemerintah sehingga pemerintah bisa menjalankan apa yang ingin kita jalankan," pungkas Puan.
 
 
Sumber : Kumparan