25
Wed, Nov

3 Bank Dimerger, Erick Thohir: RI Akan Punya Bank Syariah Terbesar

Perbankan Syariah (foto: Islamiceconomic.org)

Wawasan
Typography

TIBYAN.ID - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar di dunia dengan menggabung (merger) seluruh entitas bisnis bank syariah milik bank-bank milik negara (Himbara).

Ada 3 bank syariah BUMN yang akan dimerger, yakni PT BRI Syariah, PT Bank Syariah Mandiri dan PT BNI Syariah.

"Dengan bergabungnya rekan-rekan semua menjadi dalam satu bank, satu keluarga Insyaallah Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar," kata dia dalam tayangan video yang dilihat detikcom, Selasa (13/10/2020).

Tak berhenti di situ, menurutnya Indonesia bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Apalagi Indonesia memiliki populasi umat muslim terbesar di dunia.

"Tentunya sebagai negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia sudah sepantasnya kita memiliki bank syariah yang kuat. Indonesia harus bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Untuk mewujudkan mimpi itu kita harus bersatu bahu-membahu, ta'awun, dan saling menguatkan," jelasnya.

Dirinya menyadari bahwa saat ini Indonesia masih tertinggal dari negara-negara lain yang memiliki populasi umat muslim yang besar seperti Indonesia. Tapi dirinya yakin dengan bersatunya bank syariah BUMN maka cita-cita yang diimpikan bisa terwujud.

"Saat ini kita masih tertinggal dari negara-negara Islam lainnya, karena itu kita harus bangkit. Namun kita juga harus yakin bila kita bersatu Insyaallah kita mampu menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia," tambahnya.


Sumber: Detik