25
Wed, Nov

Baznas Kota Bekasi Membangun Relawan Tanggap Darurat

Wawasan
Typography

TIBYAN.ID - Pimpinan Baznas Kota Bekasi telah memiliki relawan tanggap darurat bencana. Sebanyak 30 pemuda-pemudi yang telah menyatakan bergabung dalam tim ini telah mengikuti seleksi dan latihan yang diadakan bersama tim gabungan bencana dari tingkat kota, provinsi dan nasional.

“Jadi mereka bukan hanya siap dan bersedia, tapi harus menjadi tim yang profesional. Dilatih dan didik dasar dasar kebencanaan oleh para praktisi dan pakarnya,” kata Drs.H.Paray Said MM MBA

Kepada Tibyan.id, ketua Baznas Kota Bekasi, Drs.H.Paray Said MM MBA mengatakan, tim masih dalam proses pembinaan. Diharapkan mereka akan menjadi tim tanggap darurat Baznas Kota Bekasi yang bisa terlibat dalam penanggulangan bencana alam secara profesional.

Untuk itu, sejak kemarin Jum'at dan Sabtu (6 dan 7 Nop 2020) mereka dilatih dalam Diklatsar di Legok Jamboe di Kec. Cariu Kab. Bogor. Untuk pelatihan dasar ini Baznas Kota Bekasi mendatangkan narasumber dari Bantuan Tanggap Bencana (BTB) Kota Bekasi, BTB Jawa Barat dan BTB Pusat.

“Memang masih bersifat pengenalan seputar bencana, dan langkah langkah dasar kebencanaan. Kelak mereka akan terus diseleksi dan diperkaya dengan pengetehauan teori maupun prakteknya,” kata Paray Said.

Jadi bukan tidak mungkin mereka yang dilatih saat ini akan terseleksi. “Karena saya saksikan sendiri, mereka memang dilatih secara fisik yang begitu ketat. Dan ini memungkinkan sekali mereka menjadi tim yang handal,” jelas Paray Said.

Pasca diklat ini, peserta diminta untuk memetakan daerahnya masing-masing di tiap kecamatan. Di mana saja dalam kecamatan tempat asal mereka yang rawan bencana, jenis bencana apa saja dan berbagai hal yang terjadi. Sehingga dari sini mereka diharapkan akan menjadi garda terdepan dalam wilayah kecamatannya.

Tidak hanya itu, tim ini juga bisa diperbantukan jika terjadi bencana dan musibah alam di berbagai daerah lain. Misalnya dalam bencana alam di Sukabumi, di Bogor dan berbagai daerah lainnya.”Jadi, mereka akan menjadi semacam alat dukung yang diberikan Baznas Kota Bekasi terhadap bencana yang terjadi dimana-mana,” katanya lagi.

Namun, Paray mengakui sebagai tim tanggap bencana Baznas Kota Bekasi, mereka akan dibukakan link ke badan-badan penanggulangan bencana yang ada, baik di tingkat kota, provinsi maupun pusat. Bagi Baznas Kota Bekasi, tim ini merupakan dedikasi bantuan dalam bentuk lain yang diberikan Baznas Kota Bekasi. (abu bagus)