Gerakan Masjid Bersih, CukupTelpon Kami

Hot Issue
Typography

TIBYAN – Pernah menyaksikan tempat wudhu di masjid kotor? Karpet berdebu, toilet bau, internit sawangan dan cat temboknya kusam? Bahkan ada masjid yang rumput di halaman tidak terawat atau saluran pembuangan airnya mampet?

“Hubungi kami, Insya Alloh kami akan datang untuk membersihkannya,” kata Hans Munthahar di I kantor Sekretarian Dewan Masjid Islamic Centre KH Noer Alie, Bekasi. Hans bersama beberapa aktivis masjid menggelindingkan gerakan masjid bersih.Selasa Siang, tim besutan Hans Munthahar mengajak Tibyan untuk menyaksikan langsung kegiatan itu di Masjid Baitur Rohman Jl.Kartini Bekasi. Dua orang pemuda sedang membersihkan kamar mandinya. Toilet, keran-keran air dan salurannya.

Di masjid ini ada dua pemuda diterjunkan. Keduanya adalah relawan yang sengaja direkrut Hans untuk membersihkan masjid itu. “Hari-hari biasa saya kuliah di Bani Saleh pak". Ini sedang dapat job saja untuk bersih masjid,” katanya. Menurut penggagasnya, gerakan ini akan terus digulirkan. Tidak hanya di kota Bekasi, ke berbagai pelosok pun bisa dilayani selagi ada permintaan. Menurut Hans, timnya akan segera meluncu rdengan bekal alat-alat kebersihan. Mulai sapu, sampai pada obat pembersih ceramic atau porslen.

Saat ini memang jangkauan gerakan ini masih sangat kecil dibanding permintaannya. Padahal sesungguhnya potensi yang ada, misalnya tenaga kerjanya, cukup tersedia. Ini sangat membantu mereka yang membutuhkan pekerjaan. Hans mengaku memprioritaskan mahasiswa. Apalagi jika ada mahasiswa yang tidak mampu.“Jadi dari sudut pandang manapun, gerakan ini akan memberi manfaat. “Bukankah manusia yang paling baik adalah manusia yang bisa memberi manfaat buat orang lain,” katanya. Kelak, Hans memprediksikan gerakan ini akan memeiliki banyak timwork. Setiap tim akan dilengkapi dengan satu kendaraan operasional yang lengkap dengan peralatannya. Mobil ini akan beroperasi sesuai permintaan jamaah. Mulai dari keran patah sampai got yang mampet. 

Sumber dananya? Menurut Hans gerakan kebaikan tidak akan kehabisan sumber pendanaan. Sampai hari ini, donator yang membantu cukup banyak. Mereka memberi bantuan berupa alat kebersihan sampai pada bantuan transfer tunai.

Anda tertarik? kontak Hans Munthahar 0816907739, H Jawad 087886691776, Ujang Hendra 081318823637   (*)