Masjid Agung Shenzhen Berkapasitas 3000 Orang Siap Diresmikan

Rihlah
Typography

 TIBYAN.id -- Sebuah masjid bernilai jutaan dolar di Shenzhen hampir selesai dibangun dan segera dibuka. Tapi meski belum dibuka secara resmi, ruang sholatnya saat ini telah digunakan untuk sholat lima waktu setiap hari dan sholat Jum'at. Setetes embun di hamparan padang pasir yang gersang.

Ya, ini Shenzhen, sebuah kota besar di Provinsi Guangdong, China yang tergolong satu dari lima kota terbesar dan terkaya di China. Kota ini terletak persis di sebelah utara Hong Kong, memiliki status administratif sub-provinsi, dengan kekuasaan satu level dibawah provinsi. 

Shenzhen juga adalah kota yang sangat sibuk. Lebih dari dari 30.000 orang yang setiap saat transit dari perjalannya antara Hongkong dengan Kanton. Pada tahun 1980 pemerintah China menetapkan Kanon sebagai Zona Ekonomi Khusus pertama China (KEK).

Statistik resmi berdasarkan Hukou tahun 2010 menempatkan Shenzhen pada populasi 10.357.938. Namun ini tidak termasuk jumlah besar pekerja migran yang tinggal di kota. Perkiraan resmi menempatkan populasi sebenarnya Shenzhen setidaknya 18 juta. Shenzhen adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia selama tahun 1990an dan 2000an

Shenzhen terletak di delta Sungai Mutiara, berbatasan dengan Hong Kong ke selatan, Huizhou ke utara dan timur laut, Dongguan ke utara dan barat laut. Lingdingyang dan Pearl River di sebelah barat dan Mirs Bay di timur. Kira-kira 100 kilometer (62 mil) tenggara ibukota provinsi Guangzhou.

Kota ini mencakup area seluas 1.991,64 kilometer persegi (769 sq mi) termasuk daerah perkotaan dan pedesaan, dengan jumlah penduduk 10.358.381 pada sensus 2010. Ini merupakan bagian dari area built-up Pearl River dengan 44.738.513 jiwa, tersebar di 9 kota (termasuk Macau). Kota ini memanjang berukuran 81,4 kilometer dari timur ke barat sedangkan bagian terpendek dari utara ke selatan adalah 10,8 kilometer

Ada lebih dari 160 sungai atau saluran mengalir melalui Shenzhen. Saat ini ada 24 waduk di dalam batas kota dengan total kapasitas 525 juta ton. Sungai-sungai penting di Shenzhen meliputi Sungai Shenzhen, Sungai Maozhou dan Sungai Longgang. Tapi sama dengan kota kota besar lainnya di China, Shenzhen juga ditumbuhi beton beton pencakar langit yang padat.

Dan dalam waktu tidak lama, di kota ini akan diresmikan sebuah masjid Agung, menambah jumlah masjid di seantero China yang konon telah mencapai sebagai 230 ribu unit. Di Beijing saja jumlahnya telah mencapai 70 buah.

Saat secara penuh digunakan, masjid yang terletak di jalan Mei Lin, daerah Futian, dapat menampung sekitar 3500 orang. Tetapi ketika hari-hari besar masjid dapat menambah daya tampungnya dua ribuan orang lagi.

Disain masjid dilakukan oleh anak seorang imam di Nanjing, bangunan empat lantai dibuat bergaya modern dengan satu menara yang tinggi. Masjid dibangun menjadi dua bagian, satu bagian untuk sholat dan sebelah lagi untuk administrasi. Pemanas air dikendalikan dengan bahan bakar solar untuk mensuplai kebutuhan air panas mereka.

Total area sekitar 10.000 meter persegi dengan ruang sholat utama terletak di lantai dasar, sedangkan area administrasi terdiri dari kantor, perpustakaan, ruang kompetenci dan ruang kuliah / belajar.

Karpet hand-made yang didesain secara khusus terbuat dari bulu domba asli yang didatangkan dari Hui daerah otonomi Ningxia, China, telah dipesan untuk ruang sholat utama dan akan segera diberikan ke Masjid.


Seluruh komplex masjid mencapai 6600 meter persegi dengan biaya konstruksi mencapai 50 juta RMB, pemerintah China mengalokasikan 30 juta RMB, dengan jumlah yang fantastis 20 juta RMB adalah dari sumbangan masyarakat Muslim Shengzhen, Hong Kong dan muslim mancanegara. Tetapi masih ada lagi jumlah yang besar sekitar 2 juta yuan untuk fitting interior khususnya untuk blok administrasi.

Maka, dengan diresmikan masjid ini, wisatawan muslim yang datang ke Shenzhen tak lagi kesulitan menjalani ibadahnya. Maka Shenzhen menjadi semakin lengkap dengan adanya rostoran muslim, hotel muslim dan kini masjidnya pun telah dibangun dengan megah.(Mimi Jamilah/dari berbagai sumber)

The Basic Information:
Add: No. 7, Meilin East Road, Shenzhen
Tel: 0755-83106912
Gender Allowed: male & female travelers
Capacity: 3500
Other Names:

How to Get There:
By Bus:Ok
By Subway:ok